PHONE : 081390819383 / FAX : 0724-1234567 admin@hondapatijaya.com WORKS : KAM 08.00-17.00 WIB :

Awas Kaki-Kaki Mobil Sering Menerjang Genangan Air!

Hujan deras belakangan ini menyebabkan banyak ruas jalan tergenang dan mobil yang menerjangnya – apalagi sering –   segera diperiksa di bagian kaki-kaki karena rentan rusak. Bukan itu saja, kolong mobil pun terancam keropos. Bagian paling rawan terkena efek genangan air adalah karet-karet sambungan kaki-kaki seperti pada ball joint dan tie road end. 
 
”Kalau dibiarkan karet-karet itu bisa pecah gara-gara tergerus pasir-pasir yang ikut menggenang bersama air. Karet pecah, pasti di dalam kabin terdengar bunyi-bunyian aneh,” ujar Arif, salah satu mekanik Auto2000 Kelapa Gading.

Jadi, jika memang kita tak bisa menghindari musim penghujan, perhatikan tips seputaran kolong mobil selengkapnya berikut ini:

1. Jangan biarkan pasir  menempel di kolong hingga berhari-hari. Maksimal 24 jam harus sudah dibersihkan, karena kandungan logam  disinyalir sebagai penyebab timbulnya karat. Banyak jasa cuci steam dengan penyemprot air bertekanan tinggi yang membantu merontokkan kotoran.

2. Biasanya, ada bagian yang kena oli dan menempel pada komponen kaki-kaki. Sebisa mungkin dihilangkan. Jika susah, cari jasa cuci steam yang menyediakan penyemprot air panas untuk lebih mudah menghilangkan oli. Jika dibiarkan terlalu lama, pasir akan lebih banyak menempel.

3. Jika ditemukan sedikit saja sobek pada karet-karet penyambung di ball joint atau tie rod end, segera ganti. Karena dikhawatirkan pelumas yang ada di dalam karet terganti dengan air dan pasir yang justru membuat komponen suspensi rusak parah.

4. Karet as roda dan karet steering pack pada mobil berpenggarak roda depan juga sama, perhatikan kondisinya. Jika ada yang sobek, segera ganti agar air dan pasir tidak masuk dan melukai komponen.

[Sumber : kompas]

0 Komentar

Stay Connected

Dealer